Sabtu, 19 Januari 2013

Manfaat google earth


1001 Manfaat dari Google Earth

ImageMasih ingat tragedi 9/11 seiringan runtuhnya menara kembar di jantung kota New York? Kabarnya para teoris itu memanfaatkan teknologi Google Earth untuk memantau keadaan. Namun terlepas dari peristiwa maut itu, sebenarnya Google Earth lebih bisa dimanfaatkan secara positif. Tentang perangkat lunak Google Earth ini, berikut hasil wawancara via e-mail dengan Andy Kristanto, penulis bukuMengoptimalkan Peta Dunia Interaktif di Internet. Buku yang diterbitkan mediakita telah hadir di toko-toko buku terdekat.


Selain untuk mencari tempat-tempat penting, apa manfaat lain dari Google Earth?

Manfaat dari Google Earth sangat banyak, bisa dibilang ada 1001 manfaat Google Earth. Dan ini tergantung siapa penggunanya. Contohnya, ada salah satu karyawan yang menggunakan tampilan dari Google Earth untuk menentukan tower-tower bagi perusahaannya. Atau bagi seorang pelajar atau mahasiswa, Google Earth bisa menjadi sumber untuk menyelesaikan tugasnya. Bagi pengusaha, bisa menggunakan Google Earth untuk mempromosikan perusahaannya secara global. Namun, menurut penulis memanfaatkan Google Earth untuk pendidikan sangatlah tepat di Indonesia.


Bagaimana cara mengoptimalkan Google Earth untuk awam?

Untuk mengoptimalkan  Google Earth, pengguna harus menentukan tujuan penggunaan software ini. Apakah hanya untuk menjelajah saja atau memang untuk mencari suatu lokasi. Untuk mencari lokasi, minimal harus mengetahui kota dan negara  lokasi tersebut berada.Untuk awam sebaiknya mengaktifkan panel layer , sehingga untuk mengetahui suatu lokasi dapat lebih mudah karena akan muncul ikon penanda lokasi beserta keterangannya.

Apa saja yang mempengaruhi kecepatan pencarian lokasi lewat perangkat lunak Google Earth?


Faktor yang sangat mempengaruhi pencarian lokasi melalui Google Earth adalah kecepatan koneksi internet. Semakin cepat koneksi internet , pencarian suatu lokasi juga semakin cepat.
Selain itu faktor spesifikasi dari hardware komputer sangat berpengaruh. Dalam hal ini, komponen yang paling berpengaruh adalah memory dari komputer (RAM) .


Gambar atau peta yang bisa dilihat dari software Google Earth itu kan hasil potret citra satelit, seberapa up date potret geografis bumi itu terus terekam Google Earth? Apakah terhubung langsung dengan satelit?

Google Earth tidak menampilkan gambar secara real time. Google Earth mengumpulkan data gambar dari waktu ke waktu secara berkala. Usia dari gambar yang ada di Google Earth antara 1 - 3 tahun. Namun usia gambar ini tidak mutlak. Google Earth  sewaktu - waktu dapat  mengupdate tampilan yang ada. Pengguna dapat mengetahui daerah yang mempunyai tampilan terbaru melalui forum pengguna Google Earth di http://bbs.keyhole.com/ubb/postlist.php/Cat/0/Board/latest atau mendaftar buletin bulanan melalui email secara gratis di http://earth.google.com/sightseer_signup.html


Sampai seberapa dekat kita bisa melihat permukaan bumi dari Google Earth?

Jarak paling dekat yang bisa kita lihat secara jelas kurang lebih dari ketinggian 225 m. Apabila kita zoom in lagi lebih dekat maka gambar akan menjadi pecah. Namun apabila di lokasi tersebut tersedia fitur Street View maka kita akan dapat melihat lokasi tersebut seolah - olah kita berada di tempat tersebut.


Misalnya, seseorang menandai atap rumahnya dengan alamat lengkap, adakah efek negatif akibat penandaan itu?

Tentu tidak berbahaya, karena tujuan penandaan tersebut untuk memudahkan dalam mengunjungi lokasi tersebut di lain waktu. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menyimpan penanda tersebut sebagai file kmz.
Jadi pengguna Google Earth yang lain tidak akan menemukan penanda lokasi tersebut. Agar semua pengguna Google Earth dapat menemukan penanda lokasi , maka seseorang yang membuat penanda tersebut harus mengirim melalui forum pengguna Google Earth di http://bbs.keyhole.com


Dalam kata pengantar di buku Mengoptimalkan peta dunia interaktif di internet, Anda menyebut tampilan permukaan bumi yang aneh itu bentukan dari 'alien', bagaimana penjelasannya?

Tampilan yang aneh tersebut memang menjadi kontroversi sampai saat ini.
Bagi yang berpendapat bahwa "alien"  membuat bentukan tersebut mempunyai alasan :   tampilan tersebut berukuran sangat besar dan hanya dapat dilihat dengan jelas dari atas. Tampilan tersebut sebagai navigasi bagi alien untuk mendarat ke bumi.  Pada jaman dahulu manusia belum menemukan teknologi pesawat terbang. Dan sangat aneh apabila manusia jaman dahulu membuat suatu "lukisan raksasa" dan hanya bisa di lihat dari udara.

Banyak sekali teori konspirasi mengenai tampilan-tampilan misterius tersebut. Dan hal ini justru akan membuat bumi semakin menarik untuk kita jelajahi :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar